More

    12 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

    LENTERA ACEH – Saat menjalankan puasa kita akan mengalami dua perubahan besar dalam keseharian. Pertama adalah pola makan, saat puasa kita hanya bisa makan mulai dari berbuka puasa hingga waktu sahur. Perubahan kedua adalah pola tidur menjadi 5-6 jam sehari yang seharusnya 6-8 jam sehari, padahal manfaat tidur siang saat puasa sangat bagus untuk kesehatan. Lantas apa manfaat tidur siang di saat bulan puasa?

    Perubahan pola makan dan tidur ini akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Kita jadi sering lemas saat siang hari dan mengantuk. Untuk mengatasi masalah ini kita disarankan untuk tidur siang singkat atau napping. Dengan tidur siang, kantuk bisa hilang dan banyak manfaat lainnya yang dijelaskan di bawah ini.

    Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

    Meskipun tidur siang tidak menggantikan tidur malam yang berkualitas buruk, tidur siang yang singkat 20-30 menit dapat membantu meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, kinerja, dan manfaat tidur siang lainnya berikut ini:

    1. Meningkatkan kesehatan jantung

    Mungkin Anda belum menyadari bahwa manfaat tidur siang saat puasa selama 30 menit bisa menyehatkan jantung. Beberapa penelitian sudah menunjukkan kalau tidur singkat berkualitas bisa memberikan manfaat untuk jantung. Bayangkan bila Anda mengalami gangguan tidur saat malam atau siang yang dapat memicu gangguan jantung sebesar 37 persen.

    2. Menambah fokus saat bekerja

    Tidur siang yang singkat saat puasa Ramadan sangat bermanfaat untuk menambah konsentrasi kerja. Biasanya saat siang kita sering gagal fokus karena tubuh sudah lemas dan mulai mengalami dehidrasi. Nah, untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih normal, sebisa mungkin sempatkan waktu 15-30 menit setiap siang saat jam istirahat untuk tidur yang berkualitas.

    3. Mengatasi stres

    Tekanan yang terjadi saat puasa biasanya lebih besar karena apa yang kita kerjakan terasa lebih sulit. Kondisi ini membuat kita menjadi stres sehingga pekerjaan yang dilakukan semakin sulit. Agar stres yang menyebabkan gangguan pada tubuh hilang, cobalah sempatkan tidur siang.

    4. Memperbaiki mood

    Saat sedang lapar kita mudah sekali mengalami perubahan mood. Kalau ada sesuatu yang janggal dan tidak sesuai dengan keinginan kita, rasa marah kerap muncul. Selain itu, kita juga jadi lebih sensitif dengan banyak hal sehingga apa saja terasa salah.

    Kalau Anda merasa sering uring-uringan dan tidak bisa mengendalikan mood, tidur sianglah sejenak. Manfaat tidur siang 15-30 menit untuk mendapatkan kesegaran dan mood yang lebih baik. Jangan memaksakan diri untuk bekerja kalau hasilnya tidak maksimal.

    5. Tidak mudah terkena flu

    Manfaat tidur siang saat puasa selama 15-30 menit saja bisa meningkatkan imunitas tubuh. Saat puasa biasanya kita cenderung mudah diserang penyakit seperti flu yang mudah menyebar saat musim kemarau. Flu akan mudah menyerang tubuh yang lemas dan tidak memiliki energi yang besar.

    6. Meningkatkan kreativitas

    Saat sedang menjalankan puasa Ramadan kita akan sering kehabisan ide. Gara-gara tubuh lapar dan cenderung lemas saat siang hari, kita jadi susah bekerja dengan baik. Ide yang harusnya datang jadi susah muncul dan kreativitas kita jadi turun. Kalau Anda merasa kemampuan berkarya mendadak hilang, cobalah tidur siang yang berkualitas selama beberapa menit.

    7. Meningkatkan kekuatan fisik

    Salah satu alasan terbesar kita untuk tidak berolahraga saat puasa khususnya saat siang atau menjelang berbuka puasa adalah kondisi badan yang terlalu lemas. Kondisi ini menyebabkan kemampuan fisik jadi menurun dengan drastis. Anda akan susah melakukan olahraga dengan sempurna. Bahkan untuk sekadar melakukan jogging singkat saja mungkin tidak akan bisa.

    Manfaat tidur siang dapat menyegarkan dan mengembalikan semangat saat puasa, sehingga anda masih bisa menjalankan antivitas.

    8. Menurunkan risiko diabetes

    Tidak mendapatkan cukup tidur dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, menurut penelitian dari University of Chicago. Dalam studi tersebut, pria sehat yang dibatasi tidur 4,5 jam selama empat hari memiliki lebih banyak asam lemak dalam darah mereka – yang pada akhirnya dapat menyebabkan gula darah melambung – dibandingkan ketika mereka tidur selama 8,5 jam.

    Para peneliti mengatakan mereka harus dapat menegatasinya dengan tidur siang lebih banyak.

    9. Membantu cegah Alzheimer

    Sementara berdasarkan penelitian dari Johns Hopkins University, kurang tidur dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. Partisipan penelitian yang tidak cukup tidur memiliki endapan B-Amyloid yang lebih besar, sebuah plak yang terkait dengan Alzheimer, di otak mereka.

    Menurut para peneliti, saat Anda tidur, otak pada dasarnya membersihkan dirinya sendiri, dalam menghilangkan plak-plak itu. Jadi, sukup tidur memungkinkan dapat mencegah penyakit Alzheimer.

    10. Membuat Anda jenius

    Sebuah tim ahli neuropsikologi Jerman menemukan bahwa tidur siang setelah mempelajari sesuatu dapat mengingatan informasi lima kali lebih baik daripada Anda tetap terjaga setelahnya.

    Menurut peneliti, manfaat tidur siang membuat Anda memiliki mampu mengingat yang kuat. Lantas, tidur siang di kantor suatu keharusan? Itu tergantung bagaimana Anda membagi waktu.

    11. Mencegah penambahan berat badan

    Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Stanford, semakin sedikit tidur, semakin besar kemungkinan Anda menambah berat badan. Para peneliti menemukan bahwa kurang tidur memicu produksi hormon gherkin, yang membuat Anda ingin makan lebih banyak, dan menurunkan kadar hormon leptin – yang memberi tahu saat Anda kenyang.

    Jadi, manfaat tidur siang saat puasa mungkin bisa mencegah penembahan berat badan.

    12. Tubuh lebih bugar

    Tidur siang sebenarnya dapat meningkatkan kinerja Anda di tempat gym. Sebuah studi dari Stanford University menemukan bahwa atlet yang tidur lebih banyak selama periode tiga minggu dapat mencapai waktu sprint yang lebih cepat, daya tahan yang lebih lama, detak jantung yang lebih rendah, dan latihan yang lebih baik secara umum.

    Para peneliti mengatakan bahwa sebagian besar atlet tidak mencatat cukup tidur untuk pulih dari latihannya. Itu dapat mengganggu pikiran, suasana hati, dan waktu reaksi mereka, tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa lebih banyak tidur dapat membalikkan efek tersebut.

    Nah, itulah manfaat tidur siang saat puasa yang bisa Anda dapatkan. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk membuat puasa lebih produktif ya, Teman Sehat!

    Sumber : DokterSehat.Com

    Isi Komentar Anda

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    iklan

    - Advertisement -
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    TERKINI

    Dua Kurir Narkoba Berstatus Mahasiswi Diringkus Polisi

    Banda Aceh - Satresnarkoba Polresta Banda Aceh meringkus dua kurir Narkotika jenis sabu berinisial IN (23) dan ZH (23), tercatat sebagai warga...

    Bimtek ESQ Tahap II Dibuka Bupati Bireuen

    Banda Aceh - Bimbingan Teknis (Bimtek) ESQ bertaraf Nasional tahap ke II yang diikuti ratusan Keuchik se-kabupaten Bireuen dibuka langsung Bupati Bireuen,...

    Ramu 3 Potensi Individual, ESQ LC Bimbing Ratusan Keuchik dan Peutuha Tuha Peut

    Banda Aceh - Bimbingan Teknis (Bimtek) ESQ bertaraf Nasional di Hotel Permata Hati Banda Aceh diikuti Ratusan Keuchik dan Peutuha Peut Gampong...

    LSM APD Gelar Pelatihan TTG dan Pembuatan Pakan Ternak Alternatif

    LENTERA ACEH - Penggunaan teknologi tepat guna (TTG) secara optimal diyakini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu juga memberikan nilai tambah produk,...

    Bank Aceh Syariah Bireuen Gelar Workshop Pemberdayaan Ekonomi Digital bersama KGPB

    Bireuen - PT Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen bekerjasama dengan Komunitas Gerakan Penulis Bireuen (KGPB) yang diketuai Rizki Dasilva menggelar workshop, di Resto...

    SMKN 1 Bandar Dua Membagikan Ribuan Masker dan Poster Covid-19

    Pidie Jaya - Mensukseskan program Gerakan Sejuta Masker (GEMA), Tim pencegahan Covid-19 Sekolah dan Siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bandar...

    Pemkab Pidie Jaya Serahkan Ambulance untuk 3 Puskesmas

    LENTERA ACEH - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya menyerahkan tiga Ambulance untuk tiga Puskesmas dalam kabupaten setempat, Jum’at (28/8/2020).Ambulance yang masing-masing diperuntukkan kepada...

    TERPOPULER

    Ini Dia Sosok Menteri Termiskin di Indonesia Karena Terlalu Jujur

    LENTERA ACEH - KETIKA sedang takjub menyaksikan ada beberapa (tidak semua) pihak yang tega menyalahgunakan jabatan dan kekuasaan untuk mengeruk harta benda bagi diri...

    Gerebek Rumah Koruptor, Polisi Temukan Uang Rp 525 Triliun dan Ratusan Ton Emas Batangan, Ini Tempat Persembunyiannya!

    LENTERA ACEH - Masalah korupsi sepertinya sudah menjadi hal yang tidak ditutup-tutupi lagi, baik di Indonesia atau pun di luar negeri. 'Kegiatan' yang satu ini...

    Terkendala Biaya, Afika anak Miskin Luka Bakar di Kecamatan Ulim Harapkan Uluran Tangan Dermawan

    LENTERA ACEH - Seorang anak di Gampong Blang Rheu Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya tergeletak kesakitan di Rumah orang tuanya akibat luka bakar yang...

    Gegara Menanam 50 Batang Ganja di Kebun Cabai, Seorang Oknum PNS di Pidie Jaya Diamankan Polisi

    LENTERA ACEH - Salah seorang orang oknum PNS di Kabupaten Pidie Jaya diamankan Polsek Bandar Baru gegara menanam 50 batang tanaman ganja di kebun...

    Dianggap Janggal, Mahasiswa Minta Bupati Pidie Jaya Transparan Terkait Anggaran Covid-19

    LENTERA ACEH - Aktivis Mahasiswa Universitas Malikul Saleh (Unimal) Edi Fakrurradi , menganggap ada kejanggalan terkait upaya Pemerintah Daerah Pidie Jaya dalam Pengadaan 35...

    Surat Edaran Direktur RSUD dr. Fauziah : Tenaga Kontrak/Honorer Yang Tidak Masuk Dinas Akan Dikeluarkan

    LENTERA ACEH - Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen, dr Mukhtar MARS,. mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh tenaga kontrak/honorer rumah sakit milik pemwrintah...

    Anggota DPR RI Asal Aceh Apresiasi Bupati Pidie Atas Penemuan Pupuk Organik Yang Tidak Mengandung Racun

    LENTERA ACEH - Anggota DPR RI asal Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal mengunjungi Kabupaten Pidie hari Selasa (3/3/2020) Saat ditemui Wartawan Lentera Aceh di ruang...

    Polisi dan Jaksa Segera Usut dan Periksa Selisih Uang Sembako Rp. 14.5 M di GTPP Covid-19 Sumut

    LENTERA ACEH – Terbongkarnya selisih jumlah anggaran pengadaan sembako senilai Rp 14,5 miliar di Sumatera Utara, harus segera diusut penegak hukum (Polri dan atau...

    Begini Cara Bupati Cantik Menangani Bantuan Pandemi Covid-19

    LENTERA ACEH - Cantik, muda, menarik dan energik, Kristine Paruntu Bupati Minahasa Selatan ( MINSEL ) Punya Uraian Penjelasan Detail Mengenai Sumber dana untuk...

    Presiden Jokowi dan Ibu Negara Kunjungi Aceh, Ini Agendanya

    LENTERA ACEH – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Aceh, pada Jumat (21/02) hiingga Sabtu (22/02) ke Kabupaten Bireun. Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan, Presiden...